cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik
cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik

Tips dan 3 Cara Mengatasi Kucing Stres Karena Pindah Pemilik

Diposting pada
Bagikan artikel ini

Tips dan cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik. Kucing juga memiliki emosi. Ketika mereka diajak pindah pemilik sekaligus pindah rumah, maka kucing bisa mengalami stres. Untuk mengatasi stres ini berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik yang akan kami rekomendasikan.

Cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik
Cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik

Apa penyebab kucing mengalami stres saat pindah rumah?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing juga memiliki emosi. Mereka bisa merasakan rasa sedih dan rasa terluka. Perasaan kucing ini bisa diwujudkan dalam salah satu kondisi mental yaitu stres.

Kucing yang dipaksa pindah rumah dan berganti pemilik pada dasarnya akan mengalami 1 hal yang membuat mereka stres yaitu keluar dari zona nyaman mereka. Kucing yang pindah pemilik bisa sedih dan stres karena merindukan pemiliknya. Hal ini terjadi jika hubungan antar kucing dan pemilik lama sangat dekat.

Akan tetapi selain merindukan pemilik lamanya, hal yang paling membuat kucing mengalami stres adalah kondisi dimana kucing harus keluar dari lingkungan lama mereka ke lingkungan baru yang sama sekali berbeda bentuk dan aromanya. Beradaptasi dengan perubahan inilah yang membuat kucing mengalami rasa stres saat pindah rumah dan ganti pemilik.

Apa yang terjadi pada kucing saat stres karena pindah rumah dan pemilik ?

Ketika kucing mengalami stres tinggi kucing mungkin akan mengalami perubahan kebiasaan. Biasanya kucing yang stres karena perpindahan rumah dan pemilik ini bisa menyebabkan kucing menjadi lebih penakut.

Kucing yang tidak terbiasa dengan lingkungan baru akan merasa tidak percaya diri dan mudah terkejut. Hal ini disebabkan karena ia belum merasa aman di lingkungan dan merasa khawatir ada bahaya yang mengancam.

Jika Anda pernah membawa kucing Anda ke dokter hewan, maka Anda bisa melihat perilaku yang sama pada kucing Anda saat mereka pindah rumah atau pindah kepemilikan. Reaksi kucing pada kedua kondisi ini cukup mirip karena mereka akan merasakan rasa stres yang sama saat pindah rumah dan di bawah ke dokter.

Cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik
Cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik

Bagaimana cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik?

Lalu bagaimana cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik ini? Nah pada dasarnya, untuk mengatasi masalah kucing yang stres karena pindah rumah dan pindah pemilik ini memang tidak mudah. Akan lebih baik bagi Anda untuk meminimalisir stres saat kucing Anda terpaksa dipindahkan.

Cara meminimalisir stres pada kucing ini bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

Memperkenalkan rumah baru pada kucing

Sebelum kucing dipindahkan, Anda bisa meminjam handuk dari rumah pemilik baru kucing Anda. Anda bisa mengusap handuk tersebut pada kucing Anda untuk memberikan aroma familiar pada kucing tersebut.

Meminta informasi mengenai rencana makanan yang akan diberikan oleh pemilik baru

Anda bisa tanya pada pemilik baru kucing Anda mengenai jenis makanan apa yang akan diberikan pada kucing Anda. Hal ini bisa bermanfaat bagi Anda untuk membuat kucing beradaptasi. Akan tetapi akan lebih jika pemilik baru melanjutkan jenis makanan yang akan diberikan pada kucing.

Berikan kucing waktu sendiri

Ketika Anda memiliki kucing baru, biarkan kucing Anda berkeliling ke rumah Anda. Biarkan ia membuat dirinya lebih familiar dengan rumah Anda. Jangan buru-buru ingin melakukan bonding dengan kucing baru Anda dan biarkan mereka membuka hatinya pada Anda.

Memang kucing yang pindah rumah bisa mengalami stres dan mungkin depresi. Akan tetapi sangat jarang ditemukan kucing yang tidak bisa bertahan di saat stres karena pindah rumah. Dalam waktu beberapa bulan atau mungkin beberapa minggu, kucing Anda pasti sudah merasa nyaman di rumah baru mereka. Jadi cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik yang paling utama adalah sabar dan menunggu kucing membuka dirinya.

Penutup

Demikian pembahasan mengenai tips dan cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik yang dapat di sampaikan tim bayareafreefi.com. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel ini.

Selain tips dan cara mengatasi kucing stres karena pindah pemilik, Kamu bisa membaca juga artikel dari situs embaran tentang bagaimana cara membuat kucing gemuk https://embaran.id/cara-membuat-kucing-gemuk/