Cara merawat kucing anggora baru lahir

8 Cara Merawat Kucing Anggora Baru Lahir

Diposting pada
Bagikan artikel ini

Cara merawat kucing anggora baru lahir. Kucing Anggora adalah salah satu jenis kucing yang sangat diminati banyak orang sebagai hewan peliharaan. Nah, bagi Anda yang memiliki kucing Anggora yang sedang hamil, persiapkan kelahirannya. Anda harus mengetahui cara merawat kucing Anggora baru lahir agar tidak mudah mati.

Cara merawat kucing anggora baru lahir
Cara merawat kucing anggora baru lahir

Cara Merawat Kucing Anggora Baru Lahir

Bagi Anda yang memiliki kucing Anggora yang baru saja melahirkan, untuk merawat anak kucing anggora memang terhilat agak repot. Namun, dengan adanya artikel ini akan dapat membantu kamu untuk melakukan perawatan anak kucing anggora dengan lebih mudah. Rawat anak kucing anggora kamu dengan cara-cara sebagai berikut dibawah ini:

Pisahkan Anak Kucing dengan Plasenta dan Tali Pusatnya

Pertama, pisahkan terlebih dahulu anak kucing dengan plasenta dan tali pusatnya. Ya, biasanya plasenta dan tali pusatnya masih menempel pada tubuhnya. Sebenarnya secara alami induknya akan memakannya.

Namun, untuk mempermudahnya bisa Anda pisahkan sendiri. Gunakan sarung tangan yang steril untuk mencegah infeksi pada anak kucing. Hal ini juga untuk menghindarkan sentuhan manusia, sebab induknya tidak mau merawat jika anaknya sudah bau manusia.

Siapkan Tempat yang Hangat untuk Anak Kucing Tersebut

Kemudian, siapkan tempat yang nyaman dan hangat untuk anak-anak kucing tersebut. Ya, mereka belum memiliki bulu sehingga sangat rentan terhadap hipotermia. Anda bisa memanfaatkan kotak kosong kemudian diisi dengan handuk yang lembut.

Pindahkan secara hati-hati karena tubuhnya yang masih sangat rentan. Gunakan wadah yang cukup lebar karena induknya pasti akan ikut tidur untuk menyusui mereka.

Tempatkan di Tempat yang Aman Bersama dengan Induknya

Kemudian, tempatkan anak dan induknya di tempat yang aman. Sebaiknya siapkan kandang yang cukup besar untuk anak dan induknya. Hal ini untuk menghindarkan anak dari predator.

Bahkan tak jarang pula kucing dewasa yang tega memakan anak kucing. Anak kucing juga sering dimangsa oleh semut. Oleh karena itu, buat kandang yang aman dari serangan berbagai hewan.

Sebaiknya Bersihkan Mata Anak Kucing Anggora Anda

Pada saat setelah lahir, biasanya mata anak kucing akan kotor karena air ketuban atau darah. Bahkan mereka juga sering kali memiliki belek. Oleh karena itu, bersihkan pelan-pelan mata mereka menggunakan kain setengah basah dan lembut.

Bersihkan Badan Kucing Menggunakan Air Hangat

Untuk membersihkan anak kucing, sebaiknya gunakan kain halus basah dengan air hangat. Jika tidak teratur dibersihkan, tubuh mereka akan mudah terserang penyakit. Setelah dibersihkan selimuti menggunakan kain yang hangat.

Jangan Lupa untuk Selalu Menjaga Kebersihan Kandang

Jangan lupa juga untuk selalu menjadi kebersihan kandang anak-anak kucing Anggora Anda. Bersihkan secara teratur agar tidak menjadi sarang penyakit. Jika tidak dibersihkan, anak-anak kucing tersebut akan mudah terserang penyakit dan mati.

Berikan Nutrisi yang Cukup untuk Induk agar Air Susunya Berkualitas

Berikan nutrisi yang baik untuk induk kucing. Berikan makanan yang bernutrisi, beri tambahan makanan, beri minuman berupa susu, dan lain sebagainya. Dengan makanan bergizi maka kualitas air susunya juga semakin bagus untuk pertumbuhan anak.

Anda Tidak Perlu Memberikan Makanan Apa pun untuk Anak Kucing

Terakhir, jangan berikan makanan padat apa pun kepada anak kucing Anggora Anda yang baru lahir. Sistem pencernaannya belum siap menerima makanan padat hingga berusia 8 minggu. Jadi, biarkan mereka minum susu induknya saja.

Cara merawat kucing anggora baru lahir
Cara merawat kucing anggora baru lahir

Selain dari cara merawat kucing anggora baru lahir, kamu juga bisa membaca artikel lebih detail tentang kucing anggora dimulai dari seperti apa cara perawatannya ketika sudah dewasa, cara memandikannya, ciri-cirinya, jenis makanan terbaik untuk kucing anggora hingga harganya. Itu semua dapat kamu dapatkan pada artikel berikut ini: Kucing Anggora: Sejarah, 5 Ciri, Cara Merawat, Makanan Hingga Harganya

Penutup

Itulah beberapa cara merawat kucing Anggora baru lahir yang bisa Anda lakukan. Sebenarnya, kucing dapat merawat anaknya secara alami. Namun, karena kucing tersebut adalah kucing peliharaan tak ada salahnya ikut merawat si kecil tersebut. Itu saja yang dapat tim bayareafreefi.com sampaikan. Terima kasih sudah membaca artikel ini.