cara merawat kucing

Cara Merawat Kucing Untuk Pemula Dengan Baik dan Betul

Diposting pada
Bagikan artikel ini

Dilansir https://ternakhewan.com/ , pada intinya cara merawat kucing bukan suatu hal yang susah, tapi bukanlah hal yang dapat diremehkan atau bisa saja mudah gampang sulit. Yang paling penting ialah pahami keperluan kucing kesayanga Anda dan secara automatis mudahlah untuk menjaganya.

Cara merawat kucing jadi salah satunya hewan piaraan pavorit di bumi ini. Tingkahnya yang lucu dan dapat dibawa bermain membuat orang orang senang. Kucing piaraan secara automatis langsung tinggal di rumah pemiliknya hingga tidak terlampau pikirkan kandang khusus seperti piaraan yang lain.

Di Indonesia sendiri pada umumnya ada dua tipe kucing, yakni kucing ras dan kucing daerah. Tersering kita temui di dalam rumah rumah ialah kucing daerah ( disebutkan kucing umum). Kucing daerah ini menjaganya benar-benar gampang. Terkadang makannyapun sama dengan pemiliknya yakni nasi dan lauk.

cara merawat kucing
cara merawat kucing

Jaga Lingkungan Kucing

Cara yang gampang cara merawat kucing pastikan kucing Anda aman selalu dengan jaga tempat seputar kucing bermain. Jaga lingkungan kucing ini ditujukan supaya kucing terbebas dari beberapa hal yang mencelakakannya. Anda tentu tidak mau kucing Anda mengapa napa kan. Bagaimana cara jaga lingkungan kucing yang aman?

  1. Singkirkan benda benda tajam

Benda benda tajam dapat mencelakakan kucing, karenanya yakinkan tidak ada dan tidak dapat dijangkau oleh kucing. Kucing tidak paham apa benda itu taja atau tdak, jika kucing berasa ketarik bisa dikunjunginya.

Taruhlah perlengkapan tajam seperti pisau, paku, jarum dan semacamnya di lokasi yang aman. Akan lebih bagus kembali jauhi dan buat ruang khusus yang tidak dapat dicapai kucing dengan cara dapat mengkuncinya.

  1. Jauhi dari benda benda yang beracun

Jangan dibiarkan kucing Anda dekati bahan bahan kimia yang bisa mempunyai rajun. Anti nyamuk misalkan yang kemungkinan banyak di rumah, anti nyamuk ini harusnya tersimpan dilaci khusus dan digembok. Jika tidak kucing akan menggigit gigitnya dan dapat beresiko untuk kesehatan sang Manis kalia.

Bahan yang kemungkinan beracun yang lain ialah pencuci lantai dan deterjen. Patikan ada dalam tempat aman dan tidak ada curahan, sebab bisa saja kucing menganggap sebagai minuman.

  1. Tidak boleh membuat tempat bermain yang terlampau tinggi

Tempat terlampau tinggi dapat mencelakakan kucing saat ingin melonjak. Yakinkan tempatnya aman. Bila harus tinggi bikinlah jalan demikian rupas, misalkan berupa tangga supaya sang kucing tidak langsung melonjak dari ketinggian.

Ini akan menghindar kucing terpelncir atau terkilir. Kita ketahui jika rumah tentu mempunyai lantai kasa, karenanya benar-benar beresiko bila memberi tempat terlampau tinggi dan tidak mempunyai semacam tangga penghubung.

  1. Membersihkan dan bersihkan tempat bermain

Selekasnya atur alat permainan cara merawat kucing saat ia tidak bermain kembali. Maksudnya ialah supaya rumah masih rapi dan gampang dibikin bersih. Ini supaya pemndangan cantik dan tidak membuat stress.

Kucing kemungkinan semakin nyaman istirahat atau tidur bila lingkungannya rapi dan bersih. Anda pemilik kucing pasti tidak pusing menyaksikan beberapa hal yang amburadul.

  1. Kotak pasir untuk kucing

Kucing memerlukan pasir untuk buang air. Kucing juga jaga privasinya saat ingin pub, karenanya taruh di tempat yang sepi dan jauh dari kerusuhan.

Kucing akan terusik buang air jika situasi ribut, karenanya Anda dapat pilih tempatkan box pasir di pojok ruang.

Persiapkan kotak pasir cadangan, hingga saat ingin bersihkan bak pasir yang satunya, karena itu bak pasir cadangan sebagai substitusinya.

Memberi Makanan dan Minuman yang Sehat

Makanan ialah hal yang penting diingat untuk cara merawat kucing. Bila ingin kucing hidup sehat pasti tidak asal asal-asalan memberi makanan ke kucing. Akanan sembarangan dapat berpengaruh membuat kucing Anda sakit dan masalah pencernaan. Karenanya yakinkan memberi makanan yang betul.

  1. Beri makanan dengan jatah yang cocok

Tidak boleh memberi makanan kebanyakan atau terlampau sedikit. Memberi makanan yang kebanyakan bukan wujud kecintaan karena akan membuat kucing Anda tidak teratur.

Bila ini jadi berlanjut karena itu kucing bisa saja kegemukan dan kurang sehat. Bikin gemuk kucing memang betul, tetapi tidak boleh terlalu berlebih dan upayakan bertubuh bagus. Mengatur agenda dan porsi jumlah sehari-harinya untuk kucing kucing kalian. Ini melatih kucing makan teratur.

  1. Beri minuman yang cukup

Kucing juga memerlukan air. Kucing dapat dikasih minuman berbentuk air minum biasa yang sehat dan bersih seperti minuman manusia. Jauhi memberikan minuman yang mengandung alkohol dan bersoda karena tidak bagus untuk kucing.

Minuman paket yang memiliki kandungan pengawet seharusnya tak perlu diberi, terkecuali memang minuman khusus kucing dan telah terjaga oleh dokter hewan atau tubuh kesehatan yang berkuasa.

  1. Beri makanan tambahan

Kucing adalah hewan karnivora, karenanya Anda bisa juga memberi makanan berbentuk daging. Misalkan daging ayam, ikan dan semacamnya yang sehat untuk kucing. Lebih bagus menghindar memberiknya nasi dan sayur yang biasanya dilaksanakan oleh warga. Maksudnya ialah supaya kucing betul-betul sehat.

Ada pula susu tambahan untuk cara merawat kucing untuk mendukung utrisi tambahan. Semua gizi dan susu tegaran ini gampang kok didapat. Disamping itu juga bisa memberi camilan khusus untuk kucing.

cara merawat kucing
cara merawat kucing

Jaga Kesehatan Kucing

Meskipun kita manusia, kita harus sensitif dan dapat menyaksikan dari Pojok hewan hingga pahami kondisi kucing kucing yang dipiara. Ksehatan ialah hal terpenting supaya kucing dapat jalani hari harinya dengan berbahagia.

Tidak cuma manusia, kucingpun perlu perhatian khusus untuk kesehatannya. Bukan bermakna hewan tidak sakit, namun ia tidak dapat bicara langsung. Tetapi sebagai manusia kita dapat membaca dan menyaksikannya dari gerak dan sikapnya.

  1. Bersihkan dan membereskan bulu kucing

Bulu kucing itu gampang rontok dan bersebaran bila tidak dibereskan. Karenanya upayakan rajin dan teratur bersihkan bulu bulunya. Tidak susah melakukan, cukup hanya sapu tangn bisa juga, tetapi disarakan memakai kaos tangan khusus untuk memberishkan bulu kucing.

Kaos tangan khusus kucng ini direncanakan memang khusus untuk bulu kucing dan ditegaskan aman, karena berbahan halus dan akan bersihkan bulu yang rontok.

Ini akan membuat buu kucing bersih dan halus, dan kulit dan pertubuhan bulu anyarnya cepat dan tidak terhalang.

  1. Mandikan kucing secara periodik

Untuk jaga badan kucing bersih, karena itu silakan mandikan secara periodik. Dengan memandikan kucing Anda akan menghindariinya dari kutu yang jahat dan bakteri yang melekat dikulitnya.

Pakai sabun yang diutamakan dengan cara merawat kucing dan air bersih. Yakinkan memandikan kucing secara baik supaya kucing Anda tidak berasa takut. Bila ini teratur dilaksanakan, karena itu kucing Anda akan terlatih bahkan juga dapat meminta sendiri untuk dimandikan.

  1. Beri vaksin dan check secara periodik ke dokter

Untuk jaga badan kucing dari gempuran virus serta bakteri, Anda dapat memberi vaksin untuk kucing kucing Anda. Vaksin kucing dapat didapat lewat dokter hewan.

Persiksalah kesehatan kucing secara periodik ke dokter hewan. Tidak harus tiap minggu, cukup sekali satu bulan misalkan.

Memberi Selingan ke Kucing

Kucing ialah hewan yang lucu dan memberi selingan ke pemiliknya. Selain itu cara merawat kucing perlu selingan supaya tidak berasa jemu. Dengan cara merawat kucing yang bagus, karena itu kucing Anda akan berbahagia bersama Anda.

Persiapkan selingan khusus yang dapat dimainkan kucing kucing Anda saat pemiliknya pergi sesaat, misalkan saat Anda kerja.

  1. Ajak kucing bermain

Kucing benar-benar ketarik dengan benda benda unik atau menonjol, benda benda bergerak. Anda dapat bermain bersama kucing Anda dan ketawa. Ini akan membuat kucing makin semangat.

Permainan yang dapat Anda lakukan bersama kucing misalkan dengan bermain bola kecil, lampu laser atau tali yang aman.

Permainan tidak selalu harus dengan benda benda mati, Anda bisa juga bermain dengan cara merawat kucing langsung dengan jemari dan tangan tangan kalian.

  1. Membawa kucing wisata

Wisata yang saya tujuan ialah bawa kucing kucing Anda keliling luar rumah. Misalkan memawa kucing Anda bermain main dihalaman rumah. Ini supaya kucing tidak selalu di rumah. Kucing pasti juga perlu dunia luar, karenanya membawa ia keluar dan bermain bersama dalam dunia terlepas.

Ini membuat kucing makin mengenal lingkungannya, dan saat ia keluar dari rumah dan pergi, dapat ingatlah kembali kerumah pemiliknya. Apa lagi kucing rumahan biasanya, kucing kucing kerap berkunjung ke kucing tetangga. Karenanya ia perlu mengenal lingkungan sekelilingnya.

  1. Memberi replikasi dan pengajaran

Kucing menjadi pandai dan berdikari bila diberi replikasi dan pengajaran yang teratur. Beri replikasi permainan atau buka makanan sendiri. Ini berperan membuat kucing berdikari saat ditingga kerja oleh pemiliknya.

Kita seringkan menyaksikan cara merawat kucing lucu berlagak, misalkan buka pintu sendiri, membuka kran minum sendiri, pub di wc dengan berdikari. Ini semua didapat saat pemiliknya rajin memberi replikasi dan pengajaran yang betul ke kucing.

Penutup

Kucing itu hewan yang menggemaskan dan lucu. Menjaganya gampang bahkan juga merawat kucing ialah selingan karena ia selalu berlagak lucu. Sebagai hewan yang lucu, pasti ia perlu perhatian pemiliknya. Demikian artikel mengenai cara merawat kucing, mudah-mudahan artikel ini dapat memberi wacana ke pembaca seklian.