panduan memandikan kucing

8 Panduan Memandikan Kucing Galak Agar Mereka Tidak Depresi

Diposting pada
Bagikan artikel ini

Memandikan kucing sebagai salah satu perihal yang wajib dilaksanakan oleh pemilik kucing. Andaikan kamu punyai kucing yang galak, tentu memandikan ialah hal yang repot bahkan juga susah dilaksanakan. Tapi, tahukah kamu jika ada cara-cara yang dapat dicoba supaya kucing galakmu tidak depresi atau geram saat dimandikan?

panduan memandikan kucing
panduan memandikan kucing

Bila kamu masih bertanya,langsung baca 8 panduan memandikan kucing galak agar sang gemoi tidak depresi. Beberapa tips ini sudah dilaksanakan oleh beberapa pemilik kucing di penjuru dunia. Mudah-mudahan menolong!

1. Pakai air hangat ialah panduan pertama agar kucingmu tidak berontak

Saat memandikan kucing, ada banyak penyiapan yang perlu dilaksanakan. Diantaranya dengan menyiapkan air hangat. Kamu tidak dapat memakai air dingin karena kucing benar-benar peka pada temperatur. Disamping itu, memakai air hangat dipercayai bisa membuat kucing masih nyaman dan tenang hingga dia tidak mau melawan.

2. Janganlah lupa untuk memakai shampo khusus kucing yang pas


Penyeleksian shampo yang betul sebagai hal yang harus dilaksanakan oleh tiap pemilik kucing. Kamu tidak dapat memakai shampo yang umumnya kamu pakai. Salah satunya argumen kenapa shampo manusia tidak pas dengan kucing ialah pemakaian berbahan. Umumnya, bahan pada shampo kucing tidak berbau hingga tidak mengusik penciuman mereka.

Disamping itu dilansir ternakhewan.com , formulasi dalam shampo manusia dapat mengakibatkan kerontokan rambut pada kucing bahkan juga menjadi toksin juga. Karena itu, kamu perlu memakai shampo khusus kucing yang dapat diperoleh di toko perlengkapan hewan paling dekat dan marketplace paling dipercaya.

3. Panduan memandikan kucing galak agar tidak dicakar: potong kuku kucing saat sebelum mandi

Panduan satu ini dapat kamu kerjakan sebagai penyiapan sebelum memandikan kucing. Andaikan kamu takut dicakar oleh kucingmu, kamu bisa memotong kuku mereka lebih dulu. Tapi, kamu wajib melakukannya beberapa saat saat sebelum memandikan. Maksudnya untuk menentramkan sang kucing karena ada banyak kucing yang tidak senang kukunya dipotong. Hingga mereka butuh waktu untuk tenang kembali.

4. Persiapkan handuk sebagai tempat injakan kucingmu supaya mereka merasakan aman

Kekeliruan yang kerap dilaksanakan saat memandikan kucing ialah tidak menyimpan handuk sebagai injakan untuk kucingmu. Bila kamu memandikan kucing pada lantai yang licin seperti semen atau keramik, pakailah kain sebagai alas. Mengapa? Karena kucing tidak mempunyai injakan yang bagus pada permukaan licin seperti keramik. Oleh karena itu, pakailah handuk atau kain sebagai tempat injakan kucingmu.

5. Pakai makanan kegemaran sang gemoi supaya ia konsentrasi saat dimandikan

Panduan memandikan kucing galak ini umumnya dilaksanakan karena dipercayai bisa membuat kucing diam saat dimandikan. Kamu tinggal menyimpan makanan kucing pada tanganmu dan pakailah tangan lain untuk memandikannya. Dengan demikian, kucingmu akan konsentrasi makan dan tidak mencakar atau lari. Trick ini bisa juga dilaksanakan oleh 2 orang bila kamu kesulitan untuk memberi makanan sekalian memandikannya.

6. Tidak boleh membersihkan wilayah kepala kucing karena sisi itu benar-benar peka

Saat memandikan satu ekor kucing, wilayah yang jangan dikasih sentuhan ialah sisi kepala khususnya muka. Sisi itu lebih peka hingga lebih bagus didiamkan kering demikian. Kucing pun tidak nyaman bila mereka tidak dapat dengar secara baik. Oleh karena itu, jangan sampai membersihkan telinga atau wilayah kepala kucing dengan shampo dan air.

7. Basuh muka kucing dengan tangan basah bila memang dibutuhkan

Andaikan kamu ingin bersihkan wilayah kepala kucing, kamu bisa melakukan dengan kain atau tangan basah. Tapi, lakukan ini bila memang dibutuhkan seperti saat muka kucing sedang kotor. Pantas jadi perhatian jika kumis kucing benar-benar peka bila disentuh, hingga kucing bisa berasa tidak nyaman.

Dalam panduan memandikan kucing, bila kamu memakai handuk atau kain, rendamlah dahulu sama air hangat. Kemudian bersihkan sisi yang kotor pada kucing. Andaikan kamu memakai tangan, bersihkan tanganmu lebih dulu dan seka perlahan-lahan wilayah yang kotor barusan.

8. Keringkan kucing langsung sesudah dimandikan dengan kain atau handuk

Sesudah kamu telah memandikan kucingmu, kamu harus langsung keringkan badan sang gemoi secara baik. Dengan demikian, sang gemoi yang peka dengan temperatur tidak berasa kedinginan. Kamu bisa juga memakai hairdryer dengan kemampuan kecil agar keringkan kucing bisa lebih cepat.

Itu 8 panduan memandikan kucing galak agar mereka tidak depresi atau banyak berontak. Janganlah lupa untuk memandikan kucingmu secara halus hingga dia bisa berasa nyaman dan aman.