Cara mengawinkan kucing munchkin
Cara mengawinkan kucing munchkin

4 Cara Mengawinkan Kucing Munchkin dengan Mudah dan Benar

Diposting pada
Bagikan artikel ini

Cara mengawinkan kucing munchkin dengan mudah dan benar. Kucing Munchkin adalah salah satu jenis kucing yang masuk dalam ras kucing berkaki pendek. Biasanya kucing ini dijodohkan dengan kucing jenis lain dalam satu ras atau dijodohkan dengan satu jenisnya. Nah, bagaimanakah cara mengawinkan kucing munchkin tersebut?

Untuk informasi lebih jelas tentang kaca mengawinkan kucing ini, Anda dapat mempelajarinya pada artikel ini. Simak 4 cara mengawinkan kucing munchkin dengan cara yang mudah dan benar agar tidak terjadi kesalahan yang dapat menyebabkan induk kucing munchkin keguguran nantinya.

Cara mengawinkan kucing munchkin
Cara mengawinkan kucing munchkin

Cara Mengawinkan Kucing Munchkin

Cara mengawinkan kucing yang satu ini tak jauh berbeda dengan cara mengawinkan kucing yang lain. Namun, untuk mendapatkan keturunan yang Anda inginkan sebaiknya jangan sembarangan melepaskan kucing dan kawin sembarangan. Nah, caranya bagaimana? Simak penjelasan dari tim bayareafreefi.com berikut ini:

Ketahui Tanda-tanda Kucing Sedang Birahi

Cara mengawinkan kucing munchkin yang pertama, ketahui terlebih dahulu tanda-tanda kucing munchkin betina Anda pada saat birahi. Biasanya kucing akan mengalami birahi pada usia sekitar 7 hingga 8 bulan . Namun, sebaiknya mulai kawinkan kucing betina Anda pada saat usia 1 tahun atau lebih.

Biasanya kucing akan memperlihatkan perilaku yang tidak biasa. Kucing akan mengeong lebih sering mengangkat-angkat kaki belakangnya. Suaranya pun juga cukup berbeda menjadi lebih berat dan keras.

Kemudian, seperti biasanya kucing juga akan lebih manja dan juga senang berguling-guling dan saat Anda pegang punggungnya, ekor akan naik dan berbelok ke arah badan. Biasanya hal ini terjadi selama 4 hingga 5 hari per bulannya. Hal tersebut akan menjadi prioritas Anda agar segera mencarikan calon pasangannya.

Kucing jantan pun juga memiliki tanda yang kurang lebih sama. Mereka akan menjadi suka mengeong dan jika melihat kucing betina ingin segera menaikinya. Jika tanda-tanda itu hadir pada kucing Anda maka ini tandanya mereka siap untuk segera dikawinkan.

Sebaiknya Lakukan Persiapan dan juga Pemeriksaan Fisik Kucing

Sebelum mengawinkan kucing sebaiknya lakukan persiapan dan juga pemeriksaan fisik kucing munchkin Anda. Periksa fisiknya di klinik terdekat karena anatominya yang kecil bisa membuatnya kesulitan pada saat hamil jika tidak sehat.

Berikan vaksinasi agar nantinya induk dan anaknya tidak mudah sakit. Tak hanya itu saja, berikan obat cacing untuk mencegahnya cacingan. Persiapkan kandang perkawinan yang bersih dengan luas minimal 1 meter kubik.

Biarkan Proses Perkawinan Berjalan Alami

Setelah kucing menjalani pemeriksaan fisik dan semuanya telah dipersiapkan dengan baik maka saatnya mengawinkan kucing. Tempatkan kucing jantan dan betina terbaik dalam satu kandang dan biarkan mereka melakukan proses perkawinan secara alami.

Umumnya, kedua kucing ini akan berkenalan terlebih dahulu. Setelah proses pengenalan selesai, maka perkawinan akan berlangsung berkali-kali. Kucing jantan biasanya akan mendekati kucing betina, menjilati kemaluannya, dan mulai menaiki betinanya.

Biasanya kucing betina akan sering mengeong atau berguling-guling karena alat kelamin jantan pada kucing bergerigi dan kemungkinan ia merasa kesakitan. Bahkan ada kalanya kucing betina susah untuk dikawini karena posisinya yang tidak pas, Anda bisa membantunya dengan memosisikan betina dengan benar.

Pisahkan Kucing Betina dan Jantan Setelah Proses Perkawinan Selesai

Proses perkawinan akan berjalan selama kurang lebih dua hingga tujuh hari. Biasanya keberhasilan perkawinan ini terjadi selama 3 hingga 4 hari. Setelah satu minggu, sebaiknya segera pisahkan kucing betina dan kucing jantan Anda.

Lalu, pada hari ke 21 pada awal Anda mengawinkan kucing tersebut cek pada kucing betina. Cek apakah puting susunya membesar dan berubah warna? Kucing biasanya akan mengandung anak sekitar 68 hari.

Cara mengawinkan kucing munchkin
Cara mengawinkan kucing munchkin

Baca juga penjelasan tentang kucing munchkin secara detail pada situs embaran.id dengan judul Kucing Munchkin: 6 Jenis, Karakteristik, Harga dan Tips Merawatnya pada url berikut: https://news.google.com/articles/CAIiEN73K_VFfpH9s_M4C-0fRO4qGQgEKhAIACoHCAownIKgCzCpjLgDMNnG8wY?hl=id&gl=ID&ceid=ID%3Aid

Penutup

Itulah diatas pembahasan mengenai 4 cara mengawinkan kucing munchkin milik Anda. Pastikan kucing memiliki kesehatan yang baik karena badannya yang mungil akan membawa beban berat selama hamil. Semoga proses perkawinan kucing Anda berjalan lancar dan dapatkan keturunan kucing yang sangat lucu.